Kerangka analisis
masalah
Mulai Akhir Tahun Lalu, dalam media cetak maupun
elektronik tersiar kabar bahwa arah kiblat berubah. Hal ini kata ahli Geografi
disebabkan bergesernya lempeng bumi akibat adanya guncangan gempa bumi . Menurut
BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) sebenarnya pergeseran
lempeng bumi kerap terjadi, namun adakalanya yang pergeserannya dalam taraf
kecil yang mana tidak sampai terasa. Kadang juga besar, seperti sampai
menimbulkan gempa, tsunami atau cuma meluaknya air laut. Yang jelas lempeng
bumi diseluruh dunia mengalami pergeseran sehingga mengakibatkan pergeseran
arah ataupun jarak antar pulau yang satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu
sangat memungkinkan adanya pergeseran arah kiblat dikarenakan adanya pergeseran
arah pulau atau lempeng bumi.
Departemen Agama pun
memutuskan untuk melakukan sertifikasi arah kiblat masjid. Ini dilakukan dengan
menggeser shofnya (barisan )
sehingga lebih mengarah pada kiblat. Untuk mempermudah koordinasi dan pelaksanaan di lapangan, seluruh kantor
wilayah di setiap Kabupaten/Kota diminta memberikan laporan tentang penelitian arah kiblat masjid dan mushala. Arah kiblat
tersebut, akan disesuaikan dengan perhitungan ilmu falaq dan kompas. Hal ini
pun di amini oleh Majlis Ulama’ Indonesia (MUI).
Pertanyaan :
a.
Apakah pergeseran lempeng bumi seperti diatas merubah konsep arah kiblat
yang sudah ada ?
Tidak merubah konsep arah (‘Aynu)
Qiblat yang sudah ada, karena
@ Wujudnya mihrob yang sudah ada bertahun-tahun itu lebih
didahulukan dari pada menggunakan Adillah Qiiblat, posisi geografi suatu daerah
yang mungkin akan terpengaruh oleh pergerakan lempeng bumi.
@ Terjadinya pergeseran lempeng bumi tersebut sangat kecil
menurut ilmu falak dan astronomi, sehingga tidak berpengaruh terhadap arah
Qiblat/’aynul Qiblat.
Referensi
:
/
كاشفة السجا الجزء الأول صـ 122
ثم اعلم أن مراتب القبلة أربعة: الأولى العلم بها بنحو
رؤية. الثانية: خبر ثقة عن علم كقوله: أنا شاهدت القبلة هكذا وفي معناه نحو بيت
الإبرة المعروف. الثالثة: الاجتهاد قال النووي في الإيضاح: ولا يصح الاجتهاد إلا
بأدلة القبلة وهي كثيرة أقواها القطب وأضعفها الريح اهـ. الرابعة: تقليد المجتهد
وهو قبول قوله، ويعتمد إخبار صاحب البيت إن علم أنه يخبره عن علم كأن يقول له: من
أين جاء لك أن القبلة هكذا؟ فيقول: حررتها على القطب أو شاهدت الكعبة مثلاً، أما
إذا أخبره عن اجتهاد فلا يجوز تقليده بل لا بد من اجتهاده، وكذا لو قال: القبلة
هكذا ولم يعلم حاله هل هو عالم أو مجتهد؟ فلا بد من اجتهاد السائل.
/
المحلي الجزء الأول صـ 159
( وإن تغير
اجتهاده ) فظهر له الصواب في جهة غير جهة الأول ( عمل بالثاني ولا قضاء ) لما
فعله بالأول لأن الاجتهاد لا ينقض بالاجتهاد وسواء تغير بعد الصلاة أم فيها (
حتى لو صلى ) صلاة ( أربع ركعات لأربع جهات بالاجتهاد ) أربع مرات ( فلا قضاء ) لها لما ذكر
ويندرج في عبارة المصنف الخطأ في التيامن
أو التياسر , فإن تيقنه بعد الصلاة أعادها , أو فيها استأنفها على الأظهر
فيهما , وإن ظنه بالاجتهاد بعد الصلاة لم يؤثر أو فيها انحرف وأتمها
/
الدائرة
الأفقية لمعرفة القبلة الشرعية في بلادنا الجاوية
والمدورية لأحمد أشعري عضو الهيئة الشورية لنهضة العلماء فرع سوراكرتا
بسم
الله الرحمن الرحيم الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على أسرف المرسلين
سيدنا ومولانا محمد وعلى لآله وصحبه أجمعين أما بعد فأقول في بيان إعمال هذه
الدائرة
وإن
ترد إعمال هـــذه الدائرة
فضع
على المــكان وضعا حكما
بحيث
كان المركـزان منــهما
وحلاك
القرطاس حتى حــاذى
وهو
الشمال والجنـــوب منهما
من
مركـز محــاذيا للقبــلة
وعندنا
قـــول في الاستقبـال
وهو
بأن يكـــون بين القبـلة
ما
دون خمسة وأربعيـــــنا
هـذا
ختـام ذلك البيــــان
صل
وسلم يا إلـهي أبــــدا
وآله
وصحبه الكــــــرام
|
لضبط
عـــين القبلة المعتبرة
ثم
ضع الفنــدوم وسطا علما
تــوافقا
تــوافقا متممـا
سهم
من الفندوم ما يحــاذى
فانظر
إلى الخـط الذي قد رسما
فهو
مـرادهم بعين القبــلة
لجـهة
اخـتاره الغـــزالي
وبين
من صــلى لشطر الكعبة
يعرفـها
الحســاب أجمعـونا
فالحمد
للإله ذي الإحســان
على
النبي العــربي أحمــدا
فالحمـــد
لله على التمــام
|
(تنبيه) وليعلم
أن خط عين القبلة المثبت في هذه الدائرة صالح لجميع البلدان الجاوية من جاكرتا إلى
بايوواعي والبلدان المدورية من باعكالان إلى سومنف لأنه مبني على سمت 24 جه غربية
شمالية وه ي بين بين أي بين أكثر السموت وهي 25
جه 41 قه غربية شمالية وبين أقلها 23 جه 56 قه غربية شمالية في الجزيرتين المذكورتين والانحراف اليسير
درجة أو درجتين يمنة أو يسرة عند بعد المسافة لا يخرجه عن عين القبلة كذا حققه
شيخنا العلامة الفلكي الشهير الشيخ حسن أشعري الباوياني يرحمه الله ويعفر له ولنا
وللمؤمنين والمؤمنات والمسلمين والمسلمات آمين
/ بشرى الكريم
الجزء الأول صـ 96
وبالجملة فقد تحررت القبلة فى غالب
بلدان المسلمين وقراها فى مساجدهم وغيرها ولايجب تعلم دلائل القبلة إلافيما لم
تحررفيه القبلة من نحو بدو وقرية من
لايبالى بدينه والسفر الذي يقل فيه العارفون بالقبلة فغير العالم بها يتعين عليه
فيما ذكر تعلم أدلتها إن قدر على التعلم ولا عارف بها معه بأن لم يحد مريد الصلاة
من يخبره بالقبلة إلا بمشقة .
/ حاشية البيجيرمي
على المنهج الجزء الأول صـ 183
( وَمَنْ أَمْكَنَهُ عِلْمُهَا ) أَيْ : الْكَعْبَةِ بِقَيْدٍ
زِدْتُهُ بِقَوْلِي . ( وَلَا حَائِلَ ) بَيْنَهُ وَبَيْنَهَا كَأَنْ كَانَ فِي
الْمَسْجِدِ أَوْ عَلَى جَبَلِ أَبِي قُبَيْسٍ أَوْ سَطْحٍ بِحَيْثُ يُعَايِنُهَا
. ( لَمْ يَعْمَلْ بِغَيْرِهِ ) أَيْ : بِغَيْرِ عِلْمِهِ مِنْ تَقْلِيدٍ أَوْ قَبُولِ خَبَرٍ أَوْ
اجْتِهَادٍ لِسُهُولَةِ عِلْمِهَا فِي ذَلِكَ وَكَالْحَاكِمِ إذَا وَجَدَ النَّصَّ
فَتَعْبِيرِي بِذَلِكَ أَعَمُّ مِنْ تَعْبِيرِهِ بِالتَّقْلِيدِ وَالِاجْتِهَادِ .
( وَإِلَّا ) أَيْ : وَإِلَّا لَمْ يُمْكِنْهُ عِلْمُهَا أَوْ أَمْكَنَهُ وَثَمَّ
حَائِلٌ كَجَبَلٍ وَبِنَاءٍ . ( اعْتَمَدَ ثِقَةً ) , وَلَوْ عَبْدًا أَوْ
امْرَأَةً . ( يُخْبِرُ عَنْ عِلْمٍ ) لَا عَنْ اجْتِهَادٍ كَقَوْلِهِ أَنَا
أُشَاهِدُ الْكَعْبَةَ وَلَا يُكَلَّفُ الْمُعَايَنَةَ بِصُعُودِ حَائِلٍ أَوْ
دُخُولِ الْمَسْجِدِ لِلْمَشَقَّةِ , وَلَيْسَ لَهُ أَنْ يَجْتَهِدَ مَعَ وُجُودِ
إخْبَارِ الثِّقَةِ وَفِي مَعْنَاهُ رُؤْيَةُ مَحَارِيبِ الْمُسْلِمِينَ بِبَلَدٍ
كَبِيرٍ أَوْ صَغِيرٍ يَكْثُرُ طَارِقُوهُ وَخَرَجَ بِالثِّقَةِ غَيْرُهُ كَفَاسِقٍ وَصَبِيٍّ مُمَيِّزٍ . ( فَإِنْ
فَقَدَهُ ) أَيْ : الثِّقَةَ الْمَذْكُورَةَ . ( وَأَمْكَنَهُ اجْتِهَادٌ ) بِأَنْ
كَانَ عَارِفًا بِأَدِلَّةِ الْكَعْبَةِ كَالشَّمْسِ وَالْقَمَرِ وَالنُّجُومِ
مِنْ حَيْثُ دَلَالَتُهَا عَلَيْهَا . ( اجْتَهَدَ لِكُلِّ فَرْضٍ ) بِقَيْدٍ
زِدْتُهُ بِقَوْلِي . ( إنْ لَمْ يَذْكُرْ الدَّلِيلَ ) الْأَوَّلَ , إذْ لَا
ثِقَةَ بِبَقَاءِ الظَّنِّ بِالْأَوَّلِ وَتَعْبِيرِي بِالْفَرْضِ أَيْ :
الْعَيْنِيِّ أَوْلَى مِنْ تَعْبِيرِهِ بِالصَّلَاةِ وَمَحَلُّ جَوَازُ
الِاجْتِهَادِ فِيمَا إذَا كَانَ ثَمَّ حَائِلٌ أَنْ لَا يَبْنِيَهُ بِلَا حَاجَةٍ
, وَإِلَّا فَلَيْسَ لَهُ الِاجْتِهَادُ لِتَفْرِيطِهِ .
/
المجموع شرح المهذب الجزء الثالث صـ 201
اما المحراب فيجب
اعتماده ولا يجوز معه الاجتهاد ونقل صاحب الشامل اجماع المسلمين على هذا واحتج له
اصحابنا بأن المحاريب لا تنصب الا بحضرة جماعة من اهل المعرفة بسمت الكواكب
والادلة فجرى ذلك مجرى الخبر (واعلم) ان المحراب انما يعتمد بشرط ان يكون في بلد
كبير أو في قرية صغيرة يكثر المارون بها بحيث لا يقرونه على الخطأ فان كان في قرية
صغيرة لا يكثر المارون بها لم يجز اعتماده هكذا ذكر هذا التفصيل جماعة منهم صاحب
الحاوى والشيخ أبو محمد الجويني في كتابه التبصرة وصاحبا التهذيب والتتمة وآخرون
وهو مقتضى كلام الباقين قال صاحب التهذيب لو رأى علامة في طريق يقل فيه مرور الناس أو في طريق يمر فيه المسلمون
والمشركون ولا يدرى من نصبها أو رأى محرابا في قرية لا يدرى بناه المسلمون أو
المشركون أو كانت قرية صغيرة للمسلمين اتفقوا علي جهة يجوز وقوع الخطأ لاهلها فانه
يجتهد في كل هذه الصور ولا يعتمده وكذا قال صاحب التتمة لو كان في صحراء أو قرية
صغيرة أو في مسجد في برية لا يكثر به المارة فالواجب عليه الاجتهاد قال ولو دخل بلدا
قد خرب وانجلى أهله فرأى فيه محاريب فان علم أنها من بناء المسلمين اعتمدها ولم
يجتهد وان احتمل أنها من بناء المسلمين واحتمل انها من بناء الكفار لم يعتمدها بل
يجتهد ونقل الشيخ أبو حامد في تعليقه هذا التفصيل في البلد الخراب عن اصحابنا
كلهم.
/
بغية المسترشدين صـ 79
(مسألة : ك) : تنقسم
المحاريب إلى ما ثبت أنه صلى فيه ، إما بطريق التواتر كمحراب مسجده عليه الصلاة
والسلام ، فله حكم رؤية الكعبة في جميع ما ذكروه من عدم جواز الاجتهاد مطلقاً ،
والأخذ بالإخبار عن علم إذا خالفه ، وكذا بطريق الآحاد ، لكن ليس له حكم القطع من
كل الوجوه ، ويمتنع الاجتهاد فيه يمنة ويسرة أيضاً ، وألحق بمحرابه محاذيه ، وإلى
ما لم يثبت أنه صلى فيه ، فإن كان بمحل نشأ به قرون من المسلمين ، أو كثر به
المارّون منهم ، بحيث لا يقرون على الخطأ وسلم من الطعن ، لم يجز الاجتهاد جهة
وجاز يمنة ويسرة ولم يجب على المعتمد ، فإن انتفى شرط من ذلك وجب الاجتهاد مطلقاً
، والمراد باليمنة وضدها أن لا يخرج عن الجهة التي فيها الكعبة كما مرّ ، ويجوز
الاعتماد على بيت الإبرة يعني الديرة في دخول الوقت والقبلة لإفادتها الظن
كالاجتهاد. فائدة : ضبط أبو حامد السفر القصير بميل والقاضي بالخروج لمحل لا يسمع
منه النداء وبينهما تقارب ، والأوّل أضبط ، والثاني أحوط لزيادته على الأول
والمعتمد اهـ إمداد.
/
شرح البهجة الوردية الجزء الثالث صـ 172
وفي ع ش لو مكث جماعة يصلون في قرية إلى
محراب بها مدة طويلة ثم مر بهم شخص
وأخبرهم بأن في القبلة
انحرافا وجبت الإعادة إن تيقنوا الخطأ ، وإلا فلا إعادة ؛ لأن الظاهر من تطاول
الأيام مع كثرة الطارقين أنه على الصواب وأن المخبر هو المخطئ ، وإن ترجح بدليل
غير قطعي كإخبار من يوثق به من أهل المعرفة عملوا بالثاني ولا إعادة لما صلوه ؛
لأن الاجتهاد لا ينقض بالاجتهاد ا هـ
/ روضة الطالبين
الجزء الأول صـ 219
فرع المصلي بالاجتهاد إذا ظهر له الخطأ في
الاجتهاد له أحوال أحدها أن يظهر قبل الشروع في الصلاة فإن تيقن الخطأ في اجتهاده
أعرض عنه واعتمد الجهة التي يعلمها أو يظنها الآن
وإن لم يتيقن بل ظن أن الصواب جهة أخرى
فإن كان دليل الاجتهاد الثاني عنده أوضح من الأول الآن اعتمد الثاني وإن كان الأول أوضح اعتمده وإن تساويا فله الخيار فيهما على الأصح وقيل يصلي إلى الجهتين مرتين الحال الثاني أن يظهر الخطأ بعد الفراغ من
الصلاة فإن تيقنه وجبت الاعادة على الأظهر
سواء تيقن الصواب أيضا أم لا وقيل القولان
إذا تيقن الخطأ وتيقن الصواب أما إذا لم
يتيقن الصواب فلا إعادة قطعا والمذهب
الأول ولو تيقن الخطأ الذي قلده الأعمى
فهو كتيقن خطأ المجتهد وأما إذا لم يتيقن
الخطأ بل ظنه فلا إعادة عليه فلو صلى أربع
صلوات إلى أربع جهات باجتهادات فلا إعادة على الصحيح وعلى وجه شاذ يجب إعادة الأربع وقيل يجب إعادة غير الأخيرة ويجري هذا الخلاف سواء أوجبنا تجديد الاجتهاد
أم لم نوجبه ففعله الحال الثالث أن يظهر
الخطأ في أثناء الصلاة وهو ضربان أحدهما يظهر الصواب مقترنا بظهور الخطأ فإن كان الخطأ متيقنا بنيناه على
القولين في تيقن الخطأ بعد الفراغ
فإن قلنا بوجوب الاعادة بطلت صلاته وإلا
فوجهان وقيل قولان أصحهما ينحرف إلى جهة الصواب ويتم صلاته والثاني تبطل
وإن لم يكن الخطأ متيقنا بل مظنونا فعلى هذين الوجهين أو القولين الأصح
ينحرف ويبني وعلى هذا الأصح لو صلى أربع
ركعات إلى أربع جهات باجتهادات فلا إعادة كالصلوات وخص صاحب التهذيب الوجهين بما
إذا كان الدليل الثاني أوضح من الأول قال
فإن استويا تمم صلاته إلى الجهة الأولى ولا إعادة
الضرب الثاني أن لا يظهر الصواب مع الخطأ فإن عجز عن الصواب بالاجتهاد على
القرب بطلت صلاته إن قدر عليه على القرب
فهل ينحرف ويبني أم يستأنف فيه خلاف مرتب على الضرب الأول وأولى بالاستئناف قلت الصواب هنا وجوب الاستئناف والله أعلم.
b.
Kalau benar, apakah setiap terjadi gempa
bumi / pergeseran lempeng bumi diharuskan melakukan pengukuran arah kiblat?
Jawaban :
Sesuai dengan
penjelasan ibarat di atas.
c. Bagaimana
pandangan fiqih tentang sertifikasi arah qiblat masjid-masjid sebagaimana yang
dilakukan oleh Departemen Agama?
Jawaban :
Sertifikasi
arah Qiblat yang dilakukan oleh kementrian agama menurut Fiqih tidak perlu.
Referensi :
/
بشرى الكريم الجزء الأول صـ 96
وبالجملة
فقد تحررت القبلة فى غالب بلدان المسلمين وقراها فى مساجدهم وغيرها ولايجب
تعلم دلائل القبلة إلافيما لم تحررفيه القبلة
من نحو بدو وقرية من لايبالى بدينه والسفر الذي يقل فيه العارفون بالقبلة
فغير العالم بها يتعين عليه فيما ذكر تعلم أدلتها إن قدر على
التعلم ولا عارف بها معه بأن لم يحد مريد الصلاة من يخبره بالقبلة إلا بمشقة .
/
حاشية الجمل
للشيخ زكريا الأنصاري الجزء الثاني صـ 152
الحاصل أن المخبر عن علم مقدم على غيره ثم رؤية
المحاريب المعتمدة وفي مرتبتها بيت الإبرة المعروف لعارف به ثم إخبار عدد التواتر
ثم رؤية القطب ثم إخبار شخص أنه رأى الجم الغفير يصلون إلى هذه الجهة ثم الاجتهاد
ا ه برماوي قوله فإن ضاق وقت أي والحال أنه لا يمكنه علمها دون من بينه وبينها
حائل وإن اقتضى كلامه استواءهما في هذا كما لا يخفى ا ه شوبري والمراد بضيقه ضيقه
عن إيقاعها كلها فيه ويفرق بين هذا وبين ما لو كان عليه فائتة وكان لو صلاها خرج
وقت الحاضرة فإنه يجوز حيث وقع ركعة في الوقت وذلك أنه لا يلزم من الاجتهاد ظهور
الصواب فروعي الوقت وشبه ذلك من توهم الماء فإنه يشترط لوجوب الطلب أمنه على الوقت
والاختصاص ا ه.
/
حواشى الشروانى الجزء الأول صـ 497
لو تعارضت هذه
الامور س م على حج أقول ينبغى ان عددالتواتر مقدم على غيره ثم الاخبار عن علم
برؤية الكعبة ثم رؤية المحاريب المعتمدة ثم رؤية القطب ثم الاخبار برؤية الجم
الغفير وذلك لأن التواتر يفيد اليقين وخبر المخبر عن علم يفيد الظن فيقدم عليه
التواتر ورؤية الكعبة ابعد عن الغلط من رؤية القطب لأنه وان كان بمنزلة العيان
لكنه قد يقع الخطأ فى رؤيته لاشتباهه على الرائ ورؤية القطب اقرب لتحرير ما يصلى
اليه عند الرائ فان المخبر بانه رأى الجم الغفير يصلون هكذا
d.
Sahkah sholatnya orang yang masih
mengikuti arah kiblat yang belum dirubah ?
Jawaban :
Sesuai dengan penjelasan ibarat di atas yakni
sah-sah saja.
*** Sain Ilmu Falak
***
Cara mengetahui
Qiblat ada dua :
F Rosdul Qiblat :
ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar matahari menuju arah
qiblat yang dengan cara mengamati
matahari tepat berada di atas ka’bah dimana menurut perhitungan tiap tanggal 28
Mei (Tahun Basitoh) dan 27 (Tahun Kabisat) pada pukul 16-17-58,16 WIB atau
tanggal 15 Juli ( Tahun Basitoh) dan tanggal 14
Juli (Tahun Kabisat) pada pukul 16-26-12,11 WIB.
F Azimatul Qiblat
Pare
: LS جة07, قة
46 BT جة112,
قة 10 = Qiblat جة24, قة
16 نى 26
Kediri :
LS جة07, قة
49 BT جة112,
قة 00 = Qiblat جة24, قة
19 نى 25
Besuki : LS جة08, قة 10
BT جة113, قة 40 = Qiblat جة24, قة
02 نى 46
Gunung Lawu : LS جة07, قة
40 BT جة111,
قة 10 = Qiblat جة24, قة
30 نى 34
Jadi ketika seandainya kota Pare
pindah ke kota Besuki yang jauhnya puluhan kilo meter yaang disebabkan gempa
cuma ada pergeseran arah kiblat قة
a13 نى 40 (kurang jauh dari satu derajat )
& Keterangan
Prof. Thomas Djamaluddin (Pakar Astronomi dan Astrofisika LAPAN)
Published: Tuesday, 23 March 2010Posted
in: News
Peneliti Matahari
dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), yang sekaligus
Wakil Ketua Lembaga Pengkajian Islam (LPI) Salman ITB, Prof Dr T. Djamaluddin,
membantah pemberitaan bahwa pergeseran lempengan bumi akibat gempa Cile telah
menggeser arah kiblat sekitar 30 centimeter lebih ke kanan. Pernyataan
ini sekaligus merespon pernyataan MUI (18/3) yang meminta para pengurus masjid
di Indonesia untuk mengecek arah kiblat masjidnya.
“Tidak ada pergeseran
arah kiblat oleh pergeseran lempeng atau sebab lain. Pernyataan tersebut
mungkin salah kutip atau salah persepsi, tetapi berpotensi meresahkan
masyarakat,” kata Djamal di Jakarta, Minggu (21/3). Diakuinya banyak
masjid yang arah kiblatnya kurang tepat, namun bukan karena adanya perubahan
arah kiblat, tetapi karena penentuan awal sebelum pembangunannya yang tidak
akurat.
Kebanyakan masjid di
Indonesia cenderung dibangun dengan arah kiblat yang sekedar mengikuti arah
barat lalu diserongkan sedikit ke kanan atau sekadar mendasarkan diri pada arah
kiblat masjid terdekat yang belum tentu benar, ujarnya. “Jadi yang tidak benar
metode pengukurannya, bukan alat ukurnya,” kata pria berkaca mata yang hobi
bersepeda ini.
Menurut alumni Astronomi
ITB ini, hanya dengan bantuan posisi matahari saja cukup akurat menentukan arah
kiblat jika dipandu oleh orang yang terlatih ilmu falak. Selain itu juga
peranti lunak Qibla Locator yang termuat dalam situs web http://www.facebook.com/note_redirect.php?note_id=374550767046&h=4045346948c12664c41411a79ca9d751&url=http%3A%2F%2Fwww.qiblalocator.com%2Focator.com juga mudah
digunakan. “Saat ini dengan pengetahuan dasar yang mudah dikuasai
masyarakat, kita sudah bisa menentukan arah kiblat. Salah satunya dengan
memanfaatkan waktu-waktu istimewa,” ujarnya dalam suatu kesempatan wawancara di
Salman.
Waktu-waktu istimewa
adalah saat-saat matahari tepat berada di atas atau di bawah kota Mekkah.
Bila matahari tepat berada di atas kota Mekkah, bayangan seluruh benda di muka
bumi otomatis menjauhi kota Mekkah. Dengan kata lain, arah kiblat dari
ujung ke pangkal bayangan benda. Sebaliknya, jika matahari tepat berada di
bawah kota Mekkah, bayangan seluruh benda di bumi ini otomatis mendekati kota
Mekkah. Dengan kata lain, arah kiblat adalah dari pangkal ke ujung
bayangan benda.
Pergeseran
Lempeng
Menurut lulusan program
S2 dan S3 di Kyoto University ini, pergeseran lempeng yang mengubah peta
bumi termasuk mengubah arah kiblat, memerlukan waktu jutaan tahun. Ia juga
mengatakan tentang NASA yang mengabarkan bahwa gempa Cile berdampak pada
pergeseran poros “gambar bumi” dan percepatan rotasi bumi. “Tapi, pergeseran
lempeng yang sebenarnya menyebabkan perubahan rotasi itu, bukan gempanya,
karena gempa sekadar indikator pelepasan energi akibat pergeseran lempeng
bumi,” katanya.
Akibat pergeseran
lempeng, lanjut Djamal, kesetimbangan “gambar bumi” sedikit berubah karena titik
massa kulit bumi bergeser. Hal itu menyebabkan poros “gambar bumi”
bergeser. Poros “gambar bumi” (Earth`s figure axis), lanjut dia, tidak
sama dengan poros astronomis (poros utara-selatan) yang menggambarkan poros
rotasi bumi.
“Untuk kasus gempa Cile
2010 pergeserannya sekitar 8 cm di mana sudutnya bergeser 2,7 mili detik busur
=0,00000075 derajat dan terlalu kecil untuk dilihat,” katanya. Demikian
juga gempa Aceh 2004, pergeserannya hanya 7 cm di mana sudutnya bergeser 2,32
mili detik busur = 0,00000064 derajat, demikian Djamal.
Thomas tidak bisa
tinggal diam tatkala terjadi kesimpangsiuran informasi. Contohnya, ketika
publik dihebohkan dengan isu kiamat 2012 akibat badai matahari dan melencengnya
arah kiblat karena gempa. Tak heran, beberapa waktu lalu Thomas sibuk hilir
mudik di berbagai media. Hal ini tentu saja karena kapasitasnya dianggap mumpuni untuk
memberikan 'pencerahan'.
"Semoga masyarakat menerima informasi yang benar, sehingga tidak timbul kepanikan dan keresahan," ucap Thomas kala itu. Di berbagai media, Thomas secara gamblang menerangkan bahwa badai matahari merupakan bagian dari siklus puncak aktivitas matahari yang normal terjadi setiap 11 tahun sekali. "Meski perlu diwaspadai, badai itu tidak sampai menghancurkan bumi seperti yang selama ini ditakutkan," katanya.
"Semoga masyarakat menerima informasi yang benar, sehingga tidak timbul kepanikan dan keresahan," ucap Thomas kala itu. Di berbagai media, Thomas secara gamblang menerangkan bahwa badai matahari merupakan bagian dari siklus puncak aktivitas matahari yang normal terjadi setiap 11 tahun sekali. "Meski perlu diwaspadai, badai itu tidak sampai menghancurkan bumi seperti yang selama ini ditakutkan," katanya.
Pun ketika publik ramai
membahas gempa mengakibatkan perubahan arah kiblat, Thomas dengan sigap
menyanggahnya. "Pernyataan tersebut mungkin salah kutip atau salah
persepsi, tetapi berpotensi meresahkan masyarakat. Pergeseran lempeng yang
mengubah peta bumi lalu mengubah arah kiblat, perlu waktu puluhan juta tahun.
Jadi tidak akan ada perubahan arah kiblat akibat gempa," tegasnya.
Thomas menyadari
sepenuhnya, terdapat keterkaitan antara ilmu pengetahuan dan agama. Hal itu
mendorongnya giat melakukan pengkajian ilmu pengetahuan yang kemudian
dihubungkan dengan pemahaman agama. Bahkan Thomas menampakkan kesungguhannya
untuk memasyarakatkan astronomi untuk kepentingan ibadah. (Dari berbagai sumber)
Posting Komentar