Kerangka analisis
masalah
Di
antara sunah-sunahnya solat adalah mengangkat kedua tangan, seperti bangun dari
rukû’, bangun dari tasyahhud `awwal dan lain-lain. Sedangkan had-had-nya
mengangkat kedua tangan, telapak tangan sejajar dengan bahu.
Pertanyaan:
a.
Bagaimanakah hukumnya mengangkat tangan
yang tidak memenuhi had-had (batasan) yang telah
ditentukan?
a. Mengangkat
tangan yang tidak memenuhi tata cara yang ada, hukumnya terjadi perbedaan
antara ulama (khilaf):
@ Makruh
(tidak mendapat kesunahan mengangkat tangan), menurut ulama yang berpendapat
bahwa tata cara yang ada, bukan termasuk sunnah mustaqillah.
@ Tetap
mendapat kesunahan mengangkat tangan menurut ulama yang berpendapat bahwa tata
cara yang ada termasuk sunnah mustaqillah.
@ Sedangkan
mengangkat tangan di selain tempat-tempat yang disunahkan atau tidak mengangkat
tangan pada tempat-tempat yang disunahkan hukumnya makruh.
@ Membatalkan
solat, menurut pendapat yang menyatakan bahwa hukum mengangkat tangan tadi
makruh. Sedangkan menurut pendapat yang menyatakan tetap mendapat kesunahan,
solatnya dihukumi batal menurut imam Ibn Hajar, sedangkan menurut imam Ramlî
solatnya tidak batal.
Referensi :
/ حاشية البجيرمي
على الخطيب الجزء 2 ص 50
وقوله : مقابل منكبيه متعلق بمحذوف أي ينهيهما مقابل منكبيه قوله : ( منكبيه )
تثنية منكب وهو مجمع عظم العضدين والكتف ، وظاهر كلامهم أنه لا تحصل السنة برفع
اليدين دون حذو المنكبين ، وقضيته أن ذلك يبطل الصلاة مع فعل ثالث وتوالت لأن هذا
ليس بمطلوب ق ل على التحرير .وما ذكر هو الأكمل ، والسنة تحصل بأي رفع .ا هـ .م د
خلافا للقليوبي -الى أن قال - وعلم مما
تقرر أن كلا من الرفع وتفريق الأصابع وكونه وسطا وإلى القبلة سنة مستقلة ، وإذا
فعل شيئا أثيب عليه وفاته الكمال ، ولو ترك الرفع في جميع ما أمر به أو فعله حيث
لم يؤمر به كره له ذلك
/ كاسفة السجا ص 62
والسنة تحصل بأى رفع كان , وأكمله أن يرفع كفيه مقابل منكبيه ولا تبطل الصلاة
به وان ضم اليه فعلا ثالثا مع التوالى لأن ذلك مطلوب أفاده الشرقاوى.
/ بغية المسترشدين ص 54
(مسئلة ب) تبطل الصلاة بالحركات المتوالية ولو ممندوبة كرفع يديه عند تكبيرة
الإحرام مع تحريك نحو الرأس وتصفيق المرأة لموجبه لأنه اذا لم تغتفر الثلاث لعذر
كنسيان فأولى لأجل مندوب قاله ابن حجر وفرق ابو محرمة بين ان يكون لهيئة
الصلاة كرد اليد لما تحت الصدر والرجل الى
محاذاة الاخرى فيغتفر اذ هو مأمور به في كل لحظة او لغيرها فلا , فالأحتياط لا
يخفى اهـ قلت واعتمد م ر عدم البطلان بالحركة المندوبة مطلقا وان كثرت
Posting Komentar