FBMPP PARE (Forum Bahtsul Masa'il Pondok Pesantren Se-Eks Kawedanan Pare)

Organisai Pondok Pesantren Se-Korcam Pare
Home » , » Perubahan Lempengan Bumi

Perubahan Lempengan Bumi

Written By fbmpppare on Senin, 05 November 2012 | 16.24



Kerangka analisis masalah
Mulai  Akhir Tahun Lalu, dalam media cetak maupun elektronik tersiar kabar bahwa arah kiblat berubah. Hal ini kata ahli Geografi disebabkan bergesernya lempeng bumi akibat adanya guncangan gempa bumi . Menurut BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) sebenarnya pergeseran lempeng bumi kerap terjadi, namun adakalanya yang pergeserannya dalam taraf kecil yang mana tidak sampai terasa. Kadang juga besar, seperti sampai menimbulkan gempa, tsunami atau cuma meluaknya air laut. Yang jelas lempeng bumi diseluruh dunia mengalami pergeseran sehingga mengakibatkan pergeseran arah ataupun jarak antar pulau yang satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu sangat memungkinkan adanya pergeseran arah kiblat dikarenakan adanya pergeseran arah pulau atau lempeng bumi.
Departemen Agama pun memutuskan untuk melakukan sertifikasi arah kiblat masjid. Ini dilakukan dengan menggeser  shofnya (barisan ) sehingga lebih mengarah pada kiblat. Untuk mempermudah koordinasi dan pelaksanaan di lapangan, seluruh kantor wilayah di setiap Kabupaten/Kota diminta memberikan laporan tentang penelitian arah kiblat masjid dan mushala. Arah kiblat tersebut, akan disesuaikan dengan perhitungan ilmu falaq dan kompas. Hal ini pun di amini oleh Majlis Ulama’ Indonesia (MUI).
Pertanyaan :
a.         Apakah pergeseran lempeng bumi  seperti diatas merubah konsep arah kiblat yang sudah ada ?

Jawaban :
Tidak merubah konsep arah (‘Aynu) Qiblat yang sudah ada, karena
@  Wujudnya mihrob yang sudah ada bertahun-tahun itu lebih didahulukan dari pada menggunakan Adillah Qiiblat, posisi geografi suatu daerah yang mungkin akan terpengaruh oleh pergerakan lempeng bumi.
@  Terjadinya pergeseran lempeng bumi tersebut sangat kecil menurut ilmu falak dan astronomi, sehingga tidak berpengaruh terhadap arah Qiblat/’aynul Qiblat.


Referensi :
/                  كاشفة السجا الجزء الأول صـ 122
ثم اعلم أن مراتب القبلة أربعة: الأولى العلم بها بنحو رؤية. الثانية: خبر ثقة عن علم كقوله: أنا شاهدت القبلة هكذا وفي معناه نحو بيت الإبرة المعروف. الثالثة: الاجتهاد قال النووي في الإيضاح: ولا يصح الاجتهاد إلا بأدلة القبلة وهي كثيرة أقواها القطب وأضعفها الريح اهـ. الرابعة: تقليد المجتهد وهو قبول قوله، ويعتمد إخبار صاحب البيت إن علم أنه يخبره عن علم كأن يقول له: من أين جاء لك أن القبلة هكذا؟ فيقول: حررتها على القطب أو شاهدت الكعبة مثلاً، أما إذا أخبره عن اجتهاد فلا يجوز تقليده بل لا بد من اجتهاده، وكذا لو قال: القبلة هكذا ولم يعلم حاله هل هو عالم أو مجتهد؟ فلا بد من اجتهاد السائل.
/                  المحلي الجزء الأول صـ 159
( وإن تغير اجتهاده ) فظهر له الصواب في جهة غير جهة الأول ( عمل بالثاني ولا قضاء ) لما فعله بالأول لأن الاجتهاد لا ينقض بالاجتهاد وسواء تغير بعد الصلاة أم فيها ( حتى لو صلى ) صلاة ( أربع ركعات لأربع جهات بالاجتهاد ) أربع مرات ( فلا قضاء ) لها لما ذكر ويندرج في عبارة المصنف الخطأ في  التيامن أو التياسر , فإن تيقنه بعد الصلاة أعادها , أو فيها استأنفها على الأظهر فيهما , وإن ظنه بالاجتهاد بعد الصلاة لم يؤثر أو فيها انحرف وأتمها
/         الدائرة الأفقية لمعرفة القبلة الشرعية في بلادنا الجاوية والمدورية لأحمد أشعري عضو الهيئة الشورية لنهضة العلماء فرع سوراكرتا
بسم الله الرحمن الرحيم الحمد لله رب العالمين والصلاة والسلام على أسرف المرسلين سيدنا ومولانا محمد وعلى لآله وصحبه أجمعين أما بعد فأقول في بيان إعمال هذه الدائرة
وإن ترد إعمال هـــذه الدائرة
فضع على المــكان وضعا حكما
بحيث كان المركـزان منــهما
وحلاك القرطاس حتى حــاذى
وهو الشمال والجنـــوب منهما
من مركـز محــاذيا للقبــلة
وعندنا قـــول في الاستقبـال
وهو بأن يكـــون بين القبـلة
ما دون خمسة وأربعيـــــنا
هـذا ختـام ذلك البيــــان
صل وسلم يا إلـهي أبــــدا
وآله وصحبه الكــــــرام
لضبط عـــين القبلة المعتبرة
ثم ضع الفنــدوم وسطا علما
تــوافقا تــوافقا متممـا
سهم من الفندوم ما يحــاذى
فانظر إلى الخـط الذي قد رسما
فهو مـرادهم بعين القبــلة
لجـهة اخـتاره الغـــزالي
وبين من صــلى لشطر الكعبة
يعرفـها الحســاب أجمعـونا
فالحمد للإله ذي الإحســان
على النبي العــربي أحمــدا
فالحمـــد لله على التمــام
(تنبيه) وليعلم أن خط عين القبلة المثبت في هذه الدائرة صالح لجميع البلدان الجاوية من جاكرتا إلى بايوواعي والبلدان المدورية من باعكالان إلى سومنف لأنه مبني على سمت 24 جه غربية شمالية وه    ي بين بين أي بين أكثر السموت وهي 25 جه 41 قه غربية شمالية وبين أقلها 23 جه 56 قه غربية شمالية في الجزيرتين المذكورتين والانحراف اليسير درجة أو درجتين يمنة أو يسرة عند بعد المسافة لا يخرجه عن عين القبلة كذا حققه شيخنا العلامة الفلكي الشهير الشيخ حسن أشعري الباوياني يرحمه الله ويعفر له ولنا وللمؤمنين والمؤمنات والمسلمين والمسلمات آمين
/   بشرى الكريم الجزء الأول صـ 96
وبالجملة  فقد تحررت القبلة فى غالب بلدان المسلمين وقراها فى مساجدهم وغيرها ولايجب تعلم دلائل القبلة إلافيما لم تحررفيه القبلة  من نحو بدو وقرية من لايبالى بدينه والسفر الذي يقل فيه العارفون بالقبلة فغير العالم بها يتعين عليه فيما ذكر تعلم أدلتها إن قدر على التعلم ولا عارف بها معه بأن لم يحد مريد الصلاة من يخبره بالقبلة إلا بمشقة .
/    حاشية البيجيرمي على المنهج الجزء الأول صـ 183
( وَمَنْ أَمْكَنَهُ عِلْمُهَا ) أَيْ : الْكَعْبَةِ بِقَيْدٍ زِدْتُهُ بِقَوْلِي . ( وَلَا حَائِلَ ) بَيْنَهُ وَبَيْنَهَا كَأَنْ كَانَ فِي الْمَسْجِدِ أَوْ عَلَى جَبَلِ أَبِي قُبَيْسٍ أَوْ سَطْحٍ بِحَيْثُ يُعَايِنُهَا . ( لَمْ يَعْمَلْ بِغَيْرِهِ ) أَيْ : بِغَيْرِ عِلْمِهِ  مِنْ تَقْلِيدٍ أَوْ قَبُولِ خَبَرٍ أَوْ اجْتِهَادٍ لِسُهُولَةِ عِلْمِهَا فِي ذَلِكَ وَكَالْحَاكِمِ إذَا وَجَدَ النَّصَّ فَتَعْبِيرِي بِذَلِكَ أَعَمُّ مِنْ تَعْبِيرِهِ بِالتَّقْلِيدِ وَالِاجْتِهَادِ . ( وَإِلَّا ) أَيْ : وَإِلَّا لَمْ يُمْكِنْهُ عِلْمُهَا أَوْ أَمْكَنَهُ وَثَمَّ حَائِلٌ كَجَبَلٍ وَبِنَاءٍ . ( اعْتَمَدَ ثِقَةً ) , وَلَوْ عَبْدًا أَوْ امْرَأَةً . ( يُخْبِرُ عَنْ عِلْمٍ ) لَا عَنْ اجْتِهَادٍ كَقَوْلِهِ أَنَا أُشَاهِدُ الْكَعْبَةَ وَلَا يُكَلَّفُ الْمُعَايَنَةَ بِصُعُودِ حَائِلٍ أَوْ دُخُولِ الْمَسْجِدِ لِلْمَشَقَّةِ , وَلَيْسَ لَهُ أَنْ يَجْتَهِدَ مَعَ وُجُودِ إخْبَارِ الثِّقَةِ وَفِي مَعْنَاهُ رُؤْيَةُ مَحَارِيبِ الْمُسْلِمِينَ بِبَلَدٍ كَبِيرٍ أَوْ صَغِيرٍ يَكْثُرُ طَارِقُوهُ وَخَرَجَ بِالثِّقَةِ غَيْرُهُ  كَفَاسِقٍ وَصَبِيٍّ مُمَيِّزٍ . ( فَإِنْ فَقَدَهُ ) أَيْ : الثِّقَةَ الْمَذْكُورَةَ . ( وَأَمْكَنَهُ اجْتِهَادٌ ) بِأَنْ كَانَ عَارِفًا بِأَدِلَّةِ الْكَعْبَةِ كَالشَّمْسِ وَالْقَمَرِ وَالنُّجُومِ مِنْ حَيْثُ دَلَالَتُهَا عَلَيْهَا . ( اجْتَهَدَ لِكُلِّ فَرْضٍ ) بِقَيْدٍ زِدْتُهُ بِقَوْلِي . ( إنْ لَمْ يَذْكُرْ الدَّلِيلَ ) الْأَوَّلَ , إذْ لَا ثِقَةَ بِبَقَاءِ الظَّنِّ بِالْأَوَّلِ وَتَعْبِيرِي بِالْفَرْضِ أَيْ : الْعَيْنِيِّ أَوْلَى مِنْ تَعْبِيرِهِ بِالصَّلَاةِ وَمَحَلُّ جَوَازُ الِاجْتِهَادِ فِيمَا إذَا كَانَ ثَمَّ حَائِلٌ أَنْ لَا يَبْنِيَهُ بِلَا حَاجَةٍ , وَإِلَّا فَلَيْسَ لَهُ الِاجْتِهَادُ لِتَفْرِيطِهِ .


/            المجموع شرح المهذب الجزء الثالث صـ 201
اما المحراب فيجب اعتماده ولا يجوز معه الاجتهاد ونقل صاحب الشامل اجماع المسلمين على هذا واحتج له اصحابنا بأن المحاريب لا تنصب الا بحضرة جماعة من اهل المعرفة بسمت الكواكب والادلة فجرى ذلك مجرى الخبر (واعلم) ان المحراب انما يعتمد بشرط ان يكون في بلد كبير أو في قرية صغيرة يكثر المارون بها بحيث لا يقرونه على الخطأ فان كان في قرية صغيرة لا يكثر المارون بها لم يجز اعتماده هكذا ذكر هذا التفصيل جماعة منهم صاحب الحاوى والشيخ أبو محمد الجويني في كتابه التبصرة وصاحبا التهذيب والتتمة وآخرون وهو مقتضى كلام الباقين قال صاحب التهذيب لو رأى علامة في طريق  يقل فيه مرور الناس أو في طريق يمر فيه المسلمون والمشركون ولا يدرى من نصبها أو رأى محرابا في قرية لا يدرى بناه المسلمون أو المشركون أو كانت قرية صغيرة للمسلمين اتفقوا علي جهة يجوز وقوع الخطأ لاهلها فانه يجتهد في كل هذه الصور ولا يعتمده وكذا قال صاحب التتمة لو كان في صحراء أو قرية صغيرة أو في مسجد في برية لا يكثر به المارة فالواجب عليه الاجتهاد قال ولو دخل بلدا قد خرب وانجلى أهله فرأى فيه محاريب فان علم أنها من بناء المسلمين اعتمدها ولم يجتهد وان احتمل أنها من بناء المسلمين واحتمل انها من بناء الكفار لم يعتمدها بل يجتهد ونقل الشيخ أبو حامد في تعليقه هذا التفصيل في البلد الخراب عن اصحابنا كلهم.
/       بغية المسترشدين صـ 79
(مسألة : ك) : تنقسم المحاريب إلى ما ثبت أنه صلى فيه ، إما بطريق التواتر كمحراب مسجده عليه الصلاة والسلام ، فله حكم رؤية الكعبة في جميع ما ذكروه من عدم جواز الاجتهاد مطلقاً ، والأخذ بالإخبار عن علم إذا خالفه ، وكذا بطريق الآحاد ، لكن ليس له حكم القطع من كل الوجوه ، ويمتنع الاجتهاد فيه يمنة ويسرة أيضاً ، وألحق بمحرابه محاذيه ، وإلى ما لم يثبت أنه صلى فيه ، فإن كان بمحل نشأ به قرون من المسلمين ، أو كثر به المارّون منهم ، بحيث لا يقرون على الخطأ وسلم من الطعن ، لم يجز الاجتهاد جهة وجاز يمنة ويسرة ولم يجب على المعتمد ، فإن انتفى شرط من ذلك وجب الاجتهاد مطلقاً ، والمراد باليمنة وضدها أن لا يخرج عن الجهة التي فيها الكعبة كما مرّ ، ويجوز الاعتماد على بيت الإبرة يعني الديرة في دخول الوقت والقبلة لإفادتها الظن كالاجتهاد. فائدة : ضبط أبو حامد السفر القصير بميل والقاضي بالخروج لمحل لا يسمع منه النداء وبينهما تقارب ، والأوّل أضبط ، والثاني أحوط لزيادته على الأول والمعتمد اهـ إمداد.
/        شرح البهجة الوردية الجزء الثالث صـ 172
 وفي ع ش لو مكث جماعة يصلون في قرية إلى محراب بها مدة طويلة ثم مر بهم شخص  وأخبرهم بأن في القبلة انحرافا وجبت الإعادة إن تيقنوا الخطأ ، وإلا فلا إعادة ؛ لأن الظاهر من تطاول الأيام مع كثرة الطارقين أنه على الصواب وأن المخبر هو المخطئ ، وإن ترجح بدليل غير قطعي كإخبار من يوثق به من أهل المعرفة عملوا بالثاني ولا إعادة لما صلوه ؛ لأن الاجتهاد لا ينقض بالاجتهاد ا هـ
/     روضة الطالبين الجزء الأول صـ 219
 فرع المصلي بالاجتهاد إذا ظهر له الخطأ في الاجتهاد له أحوال أحدها أن يظهر قبل الشروع في الصلاة فإن تيقن الخطأ في اجتهاده أعرض عنه واعتمد الجهة التي يعلمها أو يظنها الآن  وإن لم يتيقن بل ظن أن الصواب جهة أخرى  فإن كان دليل الاجتهاد الثاني عنده أوضح من الأول الآن اعتمد الثاني  وإن كان الأول أوضح اعتمده  وإن تساويا فله الخيار فيهما على الأصح  وقيل يصلي إلى الجهتين مرتين  الحال الثاني أن يظهر الخطأ بعد الفراغ من الصلاة  فإن تيقنه وجبت الاعادة على الأظهر سواء تيقن الصواب أيضا أم لا  وقيل القولان إذا تيقن الخطأ وتيقن الصواب  أما إذا لم يتيقن الصواب فلا إعادة قطعا  والمذهب الأول  ولو تيقن الخطأ الذي قلده الأعمى فهو كتيقن خطأ المجتهد  وأما إذا لم يتيقن الخطأ بل ظنه فلا إعادة عليه  فلو صلى أربع صلوات إلى أربع جهات باجتهادات فلا إعادة على الصحيح  وعلى وجه شاذ يجب إعادة الأربع  وقيل يجب إعادة غير الأخيرة  ويجري هذا الخلاف سواء أوجبنا تجديد الاجتهاد أم لم نوجبه ففعله  الحال الثالث أن يظهر الخطأ في أثناء الصلاة  وهو ضربان  أحدهما يظهر الصواب مقترنا بظهور الخطأ  فإن كان الخطأ متيقنا بنيناه على القولين في تيقن الخطأ بعد الفراغ
 فإن قلنا بوجوب الاعادة بطلت صلاته وإلا فوجهان  وقيل قولان  أصحهما ينحرف إلى جهة الصواب ويتم صلاته  والثاني تبطل  وإن لم يكن الخطأ متيقنا بل مظنونا فعلى هذين الوجهين أو القولين الأصح ينحرف ويبني  وعلى هذا الأصح لو صلى أربع ركعات إلى أربع جهات باجتهادات فلا إعادة كالصلوات وخص صاحب التهذيب الوجهين بما إذا كان الدليل الثاني أوضح من الأول  قال فإن استويا تمم صلاته إلى الجهة الأولى ولا إعادة  الضرب الثاني أن لا يظهر الصواب مع الخطأ فإن عجز عن الصواب بالاجتهاد على القرب بطلت صلاته  إن قدر عليه على القرب فهل ينحرف ويبني أم يستأنف فيه خلاف مرتب على الضرب الأول وأولى بالاستئناف  قلت الصواب هنا وجوب الاستئناف  والله أعلم.

b.        Kalau benar, apakah setiap terjadi gempa bumi / pergeseran lempeng bumi diharuskan melakukan pengukuran arah kiblat?
Jawaban :
Sesuai dengan penjelasan ibarat di atas.
c.    Bagaimana pandangan fiqih tentang sertifikasi arah qiblat masjid-masjid sebagaimana yang dilakukan oleh Departemen Agama?
Jawaban :
Sertifikasi arah Qiblat yang dilakukan oleh kementrian agama menurut Fiqih tidak perlu.
Referensi :
/                  بشرى الكريم الجزء الأول صـ 96 
وبالجملة  فقد تحررت القبلة فى غالب بلدان المسلمين وقراها فى مساجدهم وغيرها ولايجب تعلم دلائل القبلة إلافيما لم تحررفيه القبلة  من نحو بدو وقرية من لايبالى بدينه والسفر الذي يقل فيه العارفون بالقبلة فغير العالم بها يتعين عليه فيما ذكر تعلم أدلتها إن قدر على التعلم ولا عارف بها معه بأن لم يحد مريد الصلاة من يخبره بالقبلة إلا بمشقة .
/                   حاشية الجمل للشيخ زكريا الأنصاري الجزء الثاني صـ 152
الحاصل أن المخبر عن علم مقدم على غيره ثم رؤية المحاريب المعتمدة وفي مرتبتها بيت الإبرة المعروف لعارف به ثم إخبار عدد التواتر ثم رؤية القطب ثم إخبار شخص أنه رأى الجم الغفير يصلون إلى هذه الجهة ثم الاجتهاد ا ه برماوي قوله فإن ضاق وقت أي والحال أنه لا يمكنه علمها دون من بينه وبينها حائل وإن اقتضى كلامه استواءهما في هذا كما لا يخفى ا ه شوبري والمراد بضيقه ضيقه عن إيقاعها كلها فيه ويفرق بين هذا وبين ما لو كان عليه فائتة وكان لو صلاها خرج وقت الحاضرة فإنه يجوز حيث وقع ركعة في الوقت وذلك أنه لا يلزم من الاجتهاد ظهور الصواب فروعي الوقت وشبه ذلك من توهم الماء فإنه يشترط لوجوب الطلب أمنه على الوقت والاختصاص ا ه.
/                   حواشى الشروانى الجزء الأول صـ 497
لو تعارضت هذه الامور س م على حج أقول ينبغى ان عددالتواتر مقدم على غيره ثم الاخبار عن علم برؤية الكعبة ثم رؤية المحاريب المعتمدة ثم رؤية القطب ثم الاخبار برؤية الجم الغفير وذلك لأن التواتر يفيد اليقين وخبر المخبر عن علم يفيد الظن فيقدم عليه التواتر ورؤية الكعبة ابعد عن الغلط من رؤية القطب لأنه وان كان بمنزلة العيان لكنه قد يقع الخطأ فى رؤيته لاشتباهه على الرائ ورؤية القطب اقرب لتحرير ما يصلى اليه عند الرائ فان المخبر بانه رأى الجم الغفير يصلون هكذا
d.        Sahkah sholatnya orang yang masih mengikuti arah kiblat yang belum dirubah ?
Jawaban :
Sesuai dengan penjelasan ibarat di atas yakni sah-sah saja.






*** Sain Ilmu  Falak ***
Cara mengetahui Qiblat ada dua :
F Rosdul Qiblat : ketentuan waktu dimana bayangan benda yang terkena sinar matahari menuju arah qiblat yang dengan  cara mengamati matahari tepat berada di atas ka’bah dimana menurut perhitungan tiap tanggal 28 Mei (Tahun Basitoh) dan 27 (Tahun Kabisat) pada pukul 16-17-58,16 WIB atau tanggal 15 Juli ( Tahun Basitoh) dan tanggal 14  Juli (Tahun Kabisat) pada pukul 16-26-12,11 WIB.
F Azimatul Qiblat
Pare            : LS جة07, قة 46  BT جة112, قة 10 = Qiblat جة24, قة 16 نى 26
Kediri         : LS جة07, قة 49  BT جة112, قة 00 = Qiblat جة24, قة 19 نى 25
Besuki         : LS جة08, قة 10  BT جة113, قة 40 = Qiblat جة24, قة 02 نى 46
Gunung Lawu : LS جة07, قة 40  BT جة111, قة 10 = Qiblat جة24, قة 30 نى 34
Jadi ketika seandainya kota Pare pindah ke kota Besuki yang jauhnya puluhan kilo meter yaang disebabkan gempa cuma ada pergeseran arah kiblat قة a13 نى 40 (kurang jauh dari satu derajat )
&  Keterangan Prof. Thomas Djamaluddin (Pakar Astronomi dan Astrofisika LAPAN)
Published: Tuesday, 23 March 2010Posted in: News


mhtml:file://K:\T_%20Djamaluddin%20Tidak%20Ada%20Pergeseran%20Arah%20Kiblat.mht!http://salmanitb.com/wp-content/uploads/2010/03/12-300x217.jpg






Peneliti Matahari dari  Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), yang sekaligus Wakil Ketua Lembaga Pengkajian Islam (LPI) Salman ITB, Prof Dr T. Djamaluddin, membantah pemberitaan bahwa pergeseran lempengan bumi akibat gempa Cile telah menggeser arah kiblat sekitar 30 centimeter lebih ke kanan.  Pernyataan ini sekaligus merespon pernyataan MUI (18/3) yang meminta para pengurus masjid di Indonesia untuk mengecek arah kiblat masjidnya.
“Tidak ada pergeseran arah kiblat oleh pergeseran lempeng atau sebab lain. Pernyataan tersebut mungkin salah kutip atau salah persepsi, tetapi berpotensi meresahkan masyarakat,” kata Djamal di Jakarta, Minggu (21/3).  Diakuinya banyak masjid yang arah kiblatnya kurang tepat, namun bukan karena adanya perubahan arah kiblat, tetapi karena penentuan awal sebelum pembangunannya yang tidak akurat.
Kebanyakan masjid di Indonesia cenderung dibangun dengan arah kiblat yang sekedar mengikuti arah barat lalu diserongkan sedikit ke kanan atau sekadar mendasarkan diri pada arah kiblat masjid terdekat yang belum tentu benar, ujarnya. “Jadi yang tidak benar metode pengukurannya, bukan alat ukurnya,” kata pria berkaca mata yang hobi bersepeda  ini.
Menurut alumni Astronomi ITB ini, hanya dengan bantuan posisi matahari saja cukup akurat menentukan arah kiblat jika dipandu oleh orang yang terlatih ilmu falak.   Selain itu juga peranti lunak Qibla Locator yang termuat dalam situs web http://www.facebook.com/note_redirect.php?note_id=374550767046&h=4045346948c12664c41411a79ca9d751&url=http%3A%2F%2Fwww.qiblalocator.com%2Focator.com juga mudah digunakan.  “Saat ini dengan pengetahuan dasar yang mudah dikuasai masyarakat, kita sudah bisa menentukan arah kiblat.  Salah satunya dengan memanfaatkan waktu-waktu istimewa,” ujarnya dalam suatu kesempatan wawancara di Salman.
Waktu-waktu istimewa adalah saat-saat matahari tepat berada di atas atau di bawah kota Mekkah.  Bila matahari tepat berada di atas kota Mekkah, bayangan seluruh benda di muka bumi otomatis menjauhi kota Mekkah.  Dengan kata lain, arah kiblat dari ujung ke pangkal bayangan benda.  Sebaliknya, jika matahari tepat berada di bawah kota Mekkah, bayangan seluruh benda di bumi ini otomatis mendekati kota Mekkah.  Dengan kata lain, arah kiblat adalah dari pangkal ke ujung bayangan benda.
Pergeseran Lempeng
Menurut lulusan program S2 dan S3 di Kyoto University ini,  pergeseran lempeng yang mengubah peta bumi termasuk mengubah arah kiblat, memerlukan waktu jutaan tahun. Ia juga mengatakan tentang NASA yang mengabarkan bahwa gempa Cile berdampak pada pergeseran poros “gambar bumi” dan percepatan rotasi bumi. “Tapi, pergeseran lempeng yang sebenarnya menyebabkan perubahan rotasi itu, bukan gempanya, karena gempa sekadar indikator pelepasan energi akibat pergeseran lempeng bumi,” katanya.
Akibat pergeseran lempeng, lanjut Djamal, kesetimbangan “gambar bumi” sedikit berubah karena titik massa kulit bumi bergeser. Hal itu menyebabkan poros “gambar bumi” bergeser.  Poros “gambar bumi” (Earth`s figure axis), lanjut dia, tidak sama dengan poros astronomis (poros utara-selatan) yang menggambarkan poros rotasi bumi.
“Untuk kasus gempa Cile 2010 pergeserannya sekitar 8 cm di mana sudutnya bergeser 2,7 mili detik busur =0,00000075 derajat dan terlalu kecil untuk dilihat,” katanya.  Demikian juga gempa Aceh 2004, pergeserannya hanya 7 cm di mana sudutnya bergeser 2,32 mili detik busur = 0,00000064 derajat, demikian Djamal.
Thomas tidak bisa tinggal diam tatkala terjadi kesimpangsiuran informasi. Contohnya, ketika publik dihebohkan dengan isu kiamat 2012 akibat badai matahari dan melencengnya arah kiblat karena gempa. Tak heran, beberapa waktu lalu Thomas sibuk hilir mudik di berbagai media. Hal ini tentu saja karena kapasitasnya dianggap mumpuni untuk memberikan 'pencerahan'.
"Semoga masyarakat menerima informasi yang benar, sehingga tidak timbul kepanikan dan keresahan," ucap Thomas kala itu. Di berbagai media, Thomas secara gamblang menerangkan bahwa badai matahari merupakan bagian dari siklus puncak aktivitas matahari yang normal terjadi setiap 11 tahun sekali. "Meski perlu diwaspadai, badai itu tidak sampai menghancurkan bumi
seperti yang selama ini ditakutkan," katanya.
Pun ketika publik ramai membahas gempa mengakibatkan perubahan arah kiblat, Thomas dengan sigap menyanggahnya. "Pernyataan tersebut mungkin salah kutip atau salah persepsi, tetapi berpotensi meresahkan masyarakat. Pergeseran lempeng yang mengubah peta bumi lalu mengubah arah kiblat, perlu waktu puluhan juta tahun. Jadi tidak akan ada perubahan arah kiblat akibat gempa," tegasnya.
Thomas menyadari sepenuhnya, terdapat keterkaitan antara ilmu pengetahuan dan agama. Hal itu mendorongnya giat melakukan pengkajian ilmu pengetahuan yang kemudian dihubungkan dengan pemahaman agama. Bahkan Thomas menampakkan kesungguhannya untuk memasyarakatkan astronomi untuk kepentingan ibadah.  (Dari berbagai sumber)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. FBMPP PARE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger